Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016

Penulis

Juraini Juraini , Muhammad Taufik , I Wayan Gunada

DOI:

10.29303/jpft.v2i2.293

Diterbitkan:

2017-04-22

Terbitan:

Vol 2 No 2 (2016): April

Kata Kunci:

Cooperative Learning of Type STAD, Experiment Method, Science Process Skill, Learning Output

Articles

Cara Mengutip

Juraini, J., Taufik, M., & Gunada, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 2(2), 80–85. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.293

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study is aimed to know the influence of cooperative learning type STAD by experiment method towards science process skill and studentââ¬â¢s output in learning physics at SMAN 1 Labuapi in academic year 2015/2016. The method used in this study was quasi experimental design of untreated control group design pretest-posttest. The population of this study was the overall students of X class at SMAN 1 Labuapi, where there are 4 classes with random sampling technique in taking the subject. Two sample was taken as the subject of this study where X-D as experimental class which was treated using cooperative learning of type STAD by experiment method and X-A as control class. Technique of data analysis of this study was two sample t-test. Based on the result of this study, it can be concluded: (1) there was the influence of cooperative learning of type STAD by experiment method towards science process skill of studentââ¬â¢s physics, (2) there was the influence of cooperative learning of type STAD by experiment method towards studentââ¬â¢s output in learning physics.

Referensi

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritisââ¬âPraktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lindarti, Hinduan A.A Dan Oktova, R. 2010. ââ¬ÅPenerapan Pembelajaran Kooperatif STAD (Students Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Optika Geometris kelas X SMAââ¬Â. Jurnal Berkala Fisika Indonesia. Vol. 2 No. 2 Hal. 29-38.

Roslimah dan Muhibbudin. 2014. ââ¬ÅPenerapan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Pemetaan Konsep Siswa Pada Materi Ekosistemââ¬Â. Jurnal EduBio Tropika. Vol. 2 No. 2 Hal. 187-250.

Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta CV.

Rustaman, N.Y. 2007. Keterampilan Proses Sains. Bandung: UPI.

Supriyono, A. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Eko, L. dan Imam, S. 2013. ââ¬ÅPengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Di SMAN 1 Sumenepââ¬Â. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 2 No. 2 Hal. 62-65.

Muslim, K. dan Fransisca, S.T. 2015. ââ¬ÅPengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Ilmiah Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP pada Materi Kalor dalam Kehidupanââ¬Â. EDUSAINS. Vol. VII No. 1 Hal. 88-96.

Yunita, A dan Amdani, K. 2014. ââ¬Å. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Dharmawangsa Medan Tahun Pelajaran 2012/2013ââ¬Â. Inpafi.Vol. 2 No.1 Hal. 21-26.

Putri, A dan Retno H. 2015.ââ¬Â Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang berorientasi Kurikulum 2013 dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Materi Pengukuran di Kelas X SMAN 2 Sidoarjoââ¬Â. Jurnal Inovasi Pendidikan fisika. Vol. 04 No. 1 Hal. 36-41.

Lubis, A. 2012. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Pokok Gerak Lurus di Kelas X SMA UISU Medan. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 1, No. 1.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.