Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Gelombang Mekanik Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Konflik Kognitif

Penulis

Zul Hidayatullah , Muh. Makhrus , I Wayan Gunada

DOI:

10.29303/jpft.v4i2.565

Diterbitkan:

2018-10-31

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2018): Juli-Desember 2018

Kata Kunci:

Critical thinking ability, conflict cognitive approach

Articles

Cara Mengutip

Hidayatullah, Z., Makhrus, M., & Gunada, I. W. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Gelombang Mekanik Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 4(2), 151–157. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.565

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aim to analyze the critical thinking level of mechanical wave in the students of MAN 2 Mataram through Cognitive Conflict Approach. This research is a pre-experimental study with design only pretest-posttest group design. The population in this study is all students of class XI MIA MAN 2 Mataram, amounting to 257 students. Research sampling using purposive sampling technique, so selected XI class MIA 1, XI MIA 2, and XI MIA 4 as an experimental class that will be given treatment in the form of cognitive conflict approach. Data collection of critical thinking ability is done by description test as much as 5 problem and at the learning process obtained through LKPD. The results of hypothesis test analysis using parametric test paired sample t test and show that Ho rejected and Ha accepted, while the level of critical thinking ability included in category is very high for class XI MIA 1 and high category for class XI MIA 2 and XI MIA 4. The conflict cognitive approach applied successfully to increase the critical thinking ability.

Referensi

Arend, B. (2009). Encouraging critical thinking in online threaded discussions. Journal of Educators Online, 6(1), 1-23.

Ennis, R.H. 1996. Critical Thinking. USA: Prentice-Hall, Inc.

Gunawan., Harjono, A., dan Sutrio. 2015. Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Guru. Journal Pendidikan Fisika dan Teknologi 1(1), 9-14.

Lee, G., Kwon, J., Park, S. S., Kim, J. W., Kwon, H. G., dan Park, H. K. 2003. Development of an instrument for measuring cognitive conflict in secondary level science classes. Journal of research in science teaching40(6), 585-603.

Makhrus M.,danHadiprayitno G. 2012. Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 19(2), 237-242.

Makhrus M., Nur M., danWidodo W. 2014. Model Perubahan Konseptual dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal PIJAR MIPA 9(1), 20-25.

Muthmainnah., Rokhmat, J., dan Ardhuha, J. 2017. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Fisika berbasis Eksperimen Virtual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 3(1), 40-47.

Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Schunk, D.H. 2012. Learning Theories An Educational Perspective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyowati, A., Subali, B., dan Mosik. 2011. Implementasi pendekatan konflik kognitif dalam pembelajaran fisika untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 89-96.

Treagust, D. F. 2013. An Intervention Study Using Cognitive Conflict to Foster Conceptual Change. Journal Science and Mathematic 36(1), 44-64.

Tuqalby, R., Sutrio., dan Gunawan. 2017. Pengaruh Strategi Konflik Kognitif terhadap Penguasaan Konsep pada Materi Fluida Siswa SMAN 3 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 3(1), 8-13.

Wiradana, I. W. G. (2012). Pengaruh Strategi Konflik Kognitif dan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas VII SMP Negeri 1 Nusa Penida. Jurnal Pendidikan IPA, 2(2),1-19.

Biografi Penulis

Zul Hidayatullah

Try and error

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.