Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA Di SMAN 1 Gerung Tahun Pelajaran 2016/2017

Penulis

Lalu M. Eka Prayudi , Hairunnisyah Sahidu , Gunawan Gunawan

DOI:

10.29303/jpft.v3i1.324

Diterbitkan:

2017-06-26

Terbitan:

Vol 3 No 1 (2017): Januari - Juni

Kata Kunci:

Audiovisual media, metacognitive approach based on problem, physics learning result

Articles

Cara Mengutip

Prayudi, L. M. E., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA Di SMAN 1 Gerung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 3(1), 55–60. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.324

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The purpose of this study is to examine the effect of audiovisual media with problem based metacognitive approach toward physics learning result of XI IPA at SMAN 1. The type of the study is experimental by using pretest-post test control group design. The population are XI IPA 1st semester students is 299. The technique that used to collect the sample is cluster random sampling, XI IPA 3 students as experiment class and XI IPA 4 students as controll class and each consist of 34 students. The media that used as audiovisual is powerpoint. Instrument that used is multiple choices consist of 20 question. The learning result of experiment class students and control class each 70.15 and 61.85. àscore experiment class and control class obtained consecutively 12.5086 and 12.9889, àscore is 15, so that both of class distibuted normally. Fcount àscore obtained 1.00 < Ftabelàis 1.77 so that both of sample class is homogen. The data result analysis by using T-test onà both class by significant 5% and Tcount àobtained is 2.45 and Ttabel àis 1.99 on db 66, it means that Ho rejected and Ha accepted, so that it can be concluded there is an efffect of using audio visual media with metacognitive based on problem toward physics learning result of XI IPA at SMAN 1 Gerung accademic year 2016/2017.

Referensi

Bonitalia, Lamba, H., A. dan Saehana, S. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Masalah Terhadap Hasil Berlajar Fisika Siswa Kelas XI MIA 4 SMAN 2 PALU. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 3(1), 23-27.

Dewi S., M., Harjono, A., dan Gunawan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Siswa SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 123-128.

Ghofuri, A., M., Sanusi dan Krisdiana. I. (2014). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Power Point dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal ilmiah pendidikan Matematika, 3(1). (Diakses pada tanggal 27 Agustus 2016).

Gunada., I., W, Sahidu., H, dan Sutrio. (2015). Pengembangan Prangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 38-46.

Gunawan, Harjono, A. dan Sutrio. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 9-14.

Harjono., A, Jufri., W, dan Arizona., K. (2015). Implementasi Media Tiga Dimensi Kemagnetan Berbasis Inkuiri Melalui Strategi Kooperatif Terhadap Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 15-22.

Hikmawati. (2015) Pembejaran Fisika dengan Model Siklus Belajar 5-E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) Sebagai Upaya Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 24-37

Listiani N., W., Wiarta I., W., Darsana I., W. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Metakognitif Berbasis Masalah Terbuka Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 8 Blahbatuh. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). (Diakses pada tanggal 27 Agustus 2016).

Nindiasari, H. Kusumah, Y., S. Sumarno, U. dan Sabandar, J. (2014). ââ¬ÅPendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA. Jurnal ilmu pendidikan dan pengajaran, 1(1), 80-90.

Sahidu, H. (2013). Penilaian Hasil Belajar. Mataram: Arga Puji Press.

Setyosari, P. (2010). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiana, I., N., Harjono, A., Sahidu, H., dan Gunawan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 61-65.

Wahyuni, R., Hikmawati, dan Taufik, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 164-169.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.