Pengaruh Video Pembelajaran Dengan Model Discovery Learning Materi Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa

Penulis

Sandhi Setya Praptama , Wahyudha Tri Setiyoaji , Endang Purwaningsih

DOI:

10.29303/jpft.v7i2.2934

Diterbitkan:

2021-12-09

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2021): Juli-Desember

Kata Kunci:

Video pembelajaran, Discovery learning, Aktivitas belajar

Articles

Cara Mengutip

Praptama, S. S., Setiyoaji, W. T., & Purwaningsih, E. (2021). Pengaruh Video Pembelajaran Dengan Model Discovery Learning Materi Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 7(2), 131–140. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.2934

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The aim of this study was to determine the effect of using video-based media on the activities and learning outcomes of physics class X on the subject of temperature and heat at SMK Negeri 1 Grat. As a source of learning, technology is a tool to facilitate learning that is more interesting for students, among the many learning technologies, one of them is video media, which has advantages that are quite good for the implementation of learning. Experimental research used in this research is a quasi-experimental (Quasi Experimental Design) using the Nonequivalent Control Group Design. This design has a control group, but it cannot function to control external variables that affect the implementation of the experiment. Subject of this research are 25. There is a significant effect of using video-based learning media on students' learning activities. Obtained results, the responsibility of students when using video media with the OBS system application obtained an average of 62,25% at pretest and 82,67% at posttest, it can be concluded that students are more active in the experimental class than in the control class.

Referensi

Budiarti, Indah Slamet, Suparmi, Sarwanto, & Harjana. 2017. Studentsââ¬â¢ conceptual understanding consistency of heat and temperature. Journal of Physics: Conf. Series, 795, 012051. https://doi.org/10.1088/1742-6596/75 5/1/011001

Cintia, Nichen I., et al. "Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa." Perspektif Ilmu Pendidikan, vol. 32, no. 1, 2018, doi:10.21009/PIP.321.8.

Daryanto. (2018). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hayati. M. dkk. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota NAJMI. Jurnal: Al-hikmah, 14(2), hlm. 160-180.

Hidayat, D., Wiharna, O., dan Yayat. 2018. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Garis dan Konstruksi Geometris. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 163-168.

Kristanto, A. 2010.Pengembangan Model Media Video Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Media Video/TV Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11:12-22.

Mahadewi, L. P. P., Tastra, I. D. K., & Sudarma, I. K. (2012). Media Video Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Madonat. 2008. Pengaruh Motivasi, Metode Pembelajaran dan Lingkungan terhadap prestasi belajar akutansi pada siswa kelas XI ilmu sosial SMA Negeri 1 Karanganom Klaten. Http://one.Indoskripsi.com. diakses 25 Mei 2021.

Rusman dkk. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Seniati dkk. 2009. Psikologi Eksperimen.Jakarta:PT Indeks.

Setiyoaji, W. T., Supriana, E., Latifah, E., Purwaningsih, E., & Praptama, S. S. (2021). The Effect of Learning Simulation Media on the Studentsââ¬â¢ Critical Thinking Skills in Vocational School during Online Learning in the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(3), 243-252.

Sisila, A., & Siregar, T. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Kit IPA Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hantaran Panas Pada Benda Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 03 Nabire. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 5(1), 1ââ¬â13;

Sözbilir, M. 2003. A review of selected literature on studentsââ¬â¢ misconceptions of heat and temperature. Bogazici Universitesi Egitim Dergizi, 20(1), 25ââ¬â41;

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutarto, Edi. 2008. Moving class dan motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar. http://386_m0ving class.pdf. diakses 25 mei 2021.

Suyatna, A. (2008). Pemanfaatan MultimediaUntuk Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai, Prosiding: Seminar Nasional Sains, Univ. Lampung

Taufikurachman, Indra E., Kusuma, Inu H., Permana, Tatang. 2019. Penggunaan Media Video Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Di Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 6, No. 1, 57-63.

Turyati, Turyati, et al. "Pengaruh Penggunaan Media Video Edukasi Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gondangrejo." PKn Progresif, vol. 11, no. 1, 2016.

Biografi Penulis

Sandhi Setya Praptama, SMKN 1 Grati

Guru Fisika SMKN 1 Grati

Wahyudha Tri Setiyoaji, Universitas Negeri Malang

Department Of Physics

Endang Purwaningsih, Universitas Negeri Malang

Department Of Physics

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.