PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Penulis

Sumarni Sumarni , Kosim Kosim , Ni Nyoman Sri Putu Verawati

DOI:

10.29303/jpft.v6i2.2042

Diterbitkan:

2020-12-15

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2020): Juli-Desember

Kata Kunci:

model pembelajaran inkuiri terbimbing, simulasi virtual, penguasaan konsep

Articles

File Tambahan

Cara Mengutip

Sumarni, S., Kosim, K., & Verawati, N. N. S. P. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(2), 220–227. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2042

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing àberbantuanà simulasi àvirtual àterhadapà penguasaanà konsep fisika peserta didik SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control grup design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Lembar yang berjumlah 53 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 peserta didik dan kelas XI MIA-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 peserta didik. Sebelum diberià perlakuanà kedua àsampelà diberià tesà awalà untukà mengetahuià kemampuan awalnya. Berdasarkan hasil uji homogenitas dan uji normalitas tes awal kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama dan terdistribusi normal. Hasil tes akhir penguasaan konsep diperoleh nilai rata- rata kelas eksperimen 68,69 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai rata-rata kelas kontrol 59,67 denganà nilaià tertinggià 85.à Hipotesisà penelitian àdiujià dengan àUji-tà polledà varians dengan taraf signifikansi 5%, dan diperoleh hasil thitung = 2,25, sedangkan ttabel = 2,00. Berdasarkan hasil tersebut, thitung berarti lebih besar daripadaà ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. àDengan àdemikian, àdapat àdisimpulkan àbahwa àmodel àpembelajaran àinkuiri terbimbing berbantuan simulasià virtualà berpengaruhà terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik SMA.

Referensi

Anam, K. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri; Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Anderson,L.W & Krathwohl, D.R. 2015. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Aseseman Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Bandung: Alfabeta.

Arianti, B. I., Sahidu, H., Harjono, A., & Gunawan. 2016. Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4).

Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP UNRAM.

Gunawan., Setiawan, A. & Widyantoro, D.H. 2013. Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Calon Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 20(1).

Hayati, S. N., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Menggunakan Media Simulasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelompok X MIA SMAN 1 Lingsar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1).

Hermansyah, Gunawan & Harjono, A. 2017. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Penguasaan Konsep Kalor Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2).

Jauhari, T., Hikmawati & Wahyudi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunung Sari Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(1).

Nuari, A. J, Lestari,R & Dahlia. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMAN 1 Rambah Tahun Pembelajaran 2015/2016. Journal Mahasiswa Prodi Biologi UPP.

Nurmayani, L., Doyan, A., % Verawati, N.N.S.P. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1).

Sabahiyah, Marhaeini, A.A.I.N & Suastra. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbimbing Terhadap Proses Sains dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Kelas V Gugus 03 Wanasaba Lombok Timur. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Silaban, B. 2014. Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas dengan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20(1).

Suhandi, A., Sinaga, P., Kaniawati, I., & Suhendi, E. (2009). Efektivitas penggunaan media simulasi virtual pada pendekatan pembelajaran konseptual interaktif dalam Meningkatkan pemahaman konsep dan meminimalkan miskonsepsi. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1).

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyudi, L.E & Supardi, I. 2013. Pene2rapan Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing pada Pokok Bahsan Kalor untuk Melatihkan Keterampilan Sains terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 SUMENEP. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2).

Wahyuni, R., Hikmawati, H., &Taufik, M. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan meetode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2).

Biografi Penulis

Sumarni Sumarni, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika

Kosim Kosim, Universitas Mataram

Ni Nyoman Sri Putu Verawati, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.