Identifikasi Minat Belajar Kelas XI Dan XII SMA Negeri 6 Muaro Jambi Pada Pembelajaran Fisika

Penulis

Novri Hutauruk , Erika Erika

DOI:

10.29303/jpft.v5i2.1434

Diterbitkan:

2019-12-18

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2019): Juli-Desember

Kata Kunci:

attitude, interest in learning, learning outcomes

Articles

Cara Mengutip

Hutauruk, N., & Erika, E. (2019). Identifikasi Minat Belajar Kelas XI Dan XII SMA Negeri 6 Muaro Jambi Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 5(2), 348–352. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1434

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research was conducted with the aim to find out the description of the attitude of interest in learning towards physics possessed by students in SMA Negegi 6 Muaro Jambi. The design of this research is quantitative research with the instrument used is a questionnaire. The population of this study is 6 Muaro Jambi Public High School and the sample taken is Muaro Jambi 6 Public High School students. Data analysis was performed using the SPSS Application. From this study it can be said that students in Muaro Jambi 6th High School XI and XII have a good interest in learning about Physics, which is as much as 46%.

Referensi

Adha, M. M. Sandika. P. & Berchah. P. 2013. Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Peserta Didik Mengikuti Proses Pembelajaran Pkn Di Sma Al-Azhar 3. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 2.

Febriani, S., Taufik, M., & Verawati, N. N. S. P. 2019. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Disik MAN 1 Mataram Ditinjau Dari Gaya Belajar VAK. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 74-82.

Jaba, I., Palittin, I., Nur., A., S., 2018, Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 2 Merauke. Jurnal Magistra, Volume 5, Nomor 1, hal 62.

Nopiani, R., Harjono, A., & Hikmawati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 1 Lingsar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 137-145.

Oktalia, Y., Sakti, I., & Hamdani, D. 2017. Pengaruh Minat Dan Motivasi Pada Penerapan Model Diskoveri Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika, 1(1).

Pebiyanti, D. 2013. Pengaruh sukap belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar dalam pembelajaran ekonomi pada SMA, Univ. Tanjungpura, Pontianak.

Rahayu, Minto. (2007). Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo

Rahmawati, K. M., Prastowo, S. H. B., & Bektiarso, S. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Scientific Approach Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Medan Magnet Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2), 80-86.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soebandi, A. Siti. N. 2016, Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest As Determinant Student Learning Outcomes), Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), l-130.

Widiawati, S., Hikmawati, & Wahyudi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 40-48.

Yusep. A. F. (2017). Pembelajaran Wacana Sebagai Landasan Dalam Berliterasi Sastra Untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Prosiding Senasbasa http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra) Edisi 1.

Biografi Penulis

Novri Hutauruk, Pendidikan Fisika, Universitas Jambi

Erika Erika, Pendidikan Fisika, Universitas Jambi

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.