Bagaimana Konsep Kapal Selam Diajarkan Secara Sederhana Pada Kurikulum 2013

Penulis

Mutia Mutia , Gusti Afifah , Syahrial Ayub

DOI:

10.29303/jpft.v4i2.876

Diterbitkan:

2018-11-30

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2018): Juli-Desember 2018

Kata Kunci:

Submarinel, Simple, Curriculum 2013

Articles

Cara Mengutip

Mutia, M., Afifah, G., & Ayub, S. (2018). Bagaimana Konsep Kapal Selam Diajarkan Secara Sederhana Pada Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 4(2), 276–282. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.876

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Teaching is a teacherââ¬â¢s daily job. Nevertheless, it turns out that teaching students about how they should study is not easy. This research is included as Research and Developmentââ¬âalso known as RnDââ¬âwhich aims to give an actual example of how to teach and to embed submarine concept in a simple way through Curriculum 2013. The result of the research, which is a student-oriented learning design which in turn is an implementation of scientific approach, is the output resulted from a long term study, development and experience obtained by the writer team through teaching and training a number of supervisors, school principals, and teachers in various areas of Indonesia. The responses for this teaching model obtained from the teachers have been very positive, whereby 95% teachers claimed that they are very interested in the design, and only 5% claimed that they are mildly interested. This thus indicates that this teaching model can become a model to be referred to in teaching using scientific approach in Curriculum 2013.

Referensi

Abidin.Y.2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung.PT Refika Adiatama

Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press.

Huda. M. 2013. Model Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Hamidah, Gunawan, & Muhammad Taufik. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Phet terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 4(1) Juni 2018.

Haris Munandar, Sutrio, & Muhammad Taufik. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar fisika Siswa SMA N 5 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan teknologi, 4(1) Juni 2018.

Hairunnisyah Sahidu, Gunawan, Indriaturrahmi, & Fitri Astutik. Desain Sistem E-Assessment pada Pembelajaran Fisika di LPTK. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2) Desember 2017.

Irawan. P. 1997, ââ¬ÅTeori Belajarââ¬Â. PAU-PPAI. Jakarta. Universitas Terbuka.

Ivers, K.S., & Barron, A.E. 2002. Multimedia Project in Education: Designing Producing and Assessing. USA. Libraries Unlimited

Klinger. Walter. 1997. ââ¬ÅSurvei Metode Pengajaran dalam Ilmu Pengetahuan Alamââ¬Â Erziehungswiss, Fakultat der Universtat, Erlangen-Nurnbe

Ramdhani, Agus (2005). Optimalisasi Pembelajaran Fisika Dengan Penggunaan Kit IPA di SMP N 6 Mataram, Unram Press, Mataram.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Syahrial A. (2001). Studi Penggunaan Kit IPA SD di Kodya Mataram. Mataram : Lembaga Penelitian Universitas Mataram

Subrata, 2000. Upaya Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Siswa SD melalui Pembelajaran IPA dengan Keterampilan Proses. Laporan Penelitian. STKIP Singaraja.

Biografi Penulis

Mutia Mutia, SMAN 23 Jakarta

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>