Pengaruh Pendekatan Berpikir Kausalitik Ber-Scaffolding Dengan Pemberian Tugas Pendahuluan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA

Penulis

Roni Abdani , Joni Rokhmat , Satutik Rahayu

DOI:

10.29303/jpft.v4i2.818

Diterbitkan:

2018-11-06

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2018): Juli-Desember 2018

Kata Kunci:

Scaffolding, Causalitic Thinking Approach, Preliminary Task, Problem Solving Ability, Impulse, Momentum

Articles

Cara Mengutip

Abdani, R., Rokhmat, J., & Rahayu, S. (2018). Pengaruh Pendekatan Berpikir Kausalitik Ber-Scaffolding Dengan Pemberian Tugas Pendahuluan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 4(2), 213–219. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.818

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research aims to discover the effect of scaffolding causalitic thinking approach with preliminary task toward impulse and momentum studentââ¬â¢s problem solving ability (PSA) at X grade. The type of this study is quasi experimental research with post-test only control group design. The research population is all studentââ¬â¢s of X MIA SMAN 8 Mataram with 33 chosen students from X MIA 1 as experimental class and 32 chosen students from X MIA 3 as control class as the sample by using cluster random sampling. Based on the research finding, it is found that the average score of problem solving ability in experimental class is 65, while the average score of PSA in control class is 53. The PSA data of two classes were normal distributed. According to the result of homogeneity test, it was obtained that both are homogen. The PSA data were analyzed with t-test polled varians. The data analysis showed that tcount was 3,3690 and ttable with significant rate (5%) was 1,9987 which means tcount >ttable.Based on that fact, it can be concluded that there is an effect of scaffolding causalitic-thinking approach with preliminary tasks toward PSA impulse and momentum students at X grade.

Referensi

Hasbiyalloh, A. S., Harjono, A., & Verawati, N. N. S. P. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Scaffolding dan Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 173-180.

Helmi, F., & Rokhmat, J. 2017. Pengaruh Pendekatan Berpikir Kausalitik Ber-scaffolding Tipe 2b Termodifikasi Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fluida Dinamis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 68-75.

Mamin, R. 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. CHEMICA. 10(2), 56-60.

Rokhmat, J. 2013. Kemampuan Proses Berpikir Kausalitas dan Berpikir Analitik Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 78-86.

Rokhmat, J. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru Fisika melalui Berpikir Kausalitas dan Analitik. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia: tidak diterbitkan.

Rokhmat, J. 2017. Fisika Dasar dengan Pendekatan Kausalitik. Mataram: Arga Puji Press.

Rokhmat, J. 2018. Model Pembelajaran Kausalitik Berorientasi Penguasaan Konsep Secara Utuh Disertai Contoh Pengembangan Instrumen untuk Pembelajaran Fisika. Mataram: Arga Puji Press.

Rokhmat, J., Marzuki, Hikmawati, & Verawati, N.N.P.S. 2017. The Causal Model in Physics Learning with a Causaliticthinking Approach to Increase the Problem-solving Ability of Pre-service Teachers. Pertanika Journal Social Sciences & Humantities, 25(s), 153-168

Rokhmat, J., Rusdiana, D., & Setiawan, A. 2012. Pembelajaran Fisika Berbasis Proses Berpikir Kausalitas Dan Berpikir Analitik (PBK-BA), Suatu Pembiasaan Berpikir Secara Terbuka. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS, 9(1).

Setyowati, A., & Subali, B. 2011. Implementasi pendekatan konflik kognitif dalam pembelajaran fisika untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 89-96.

Venisari, R., Gunawan, G., & Sutrio, S. 2015. Penerapan Metode Mind Mapping pada Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMPN 16 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 193-199.

Wijaya, I. K. W. B., Suastra, I. W., & Muderawan, I. W. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.