Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 8 Mataram

Penulis

Eti Sulastri , Hikmawati Hikmawati , I Wayan Gunada

DOI:

10.29303/jpft.v4i1.460

Diterbitkan:

2018-05-28

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2018): Januari - Juni 2018

Kata Kunci:

learning cycle 7E, learning outcomes

Articles

Cara Mengutip

Sulastri, E., Hikmawati, H., & Gunada, I. W. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 8 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 4(1), 56–65. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.460

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to determine the effect of learning cycle 7E model on physics learning outcomes of students of class XI SMAN 8 Mataram. The type of this research is experimental research with pretest-posttest control group design. The population in this study is all students of class XI SMAN 8 Mataram academic year 2017/2018. Sampling was done by purposive sampling technique, with class XI MIA 1 students as experiment class and XI MIA 2 class student as control class. The instruments used are multiple choice test and observation sheet. Based on the result of research, the average value for pretest of experiment class and control class is 26,783 and 28,333 while for the average of post-test of experiment class and control class is 60,696 and 52,667. The research hypothesis was tested by t-test with a significant level of 5%. Data of learning result analyzed by using t-test of two parties obtained taccount equal to 2,071 and ttable equal to 1,679 at degree of freedom is 45. According to the criteria of the hypothesis test, if taccount greater than ttable, then Ho is rejected and Ha accepted. So it can be concluded that there is influence of Learning Cycle 7E model to physics learning result of class XI SMAN 8 Mataram.

Referensi

Apriani, D., Sujana, A., dan, Kurnia, D. 2016. Penerapan model pembelajaran learning cycle pada materi perubahan sifat benda untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 781 790.

Eisenkraft, A. 2003. Expanding the 5E Model a proposed 7E Model. Emphasizes a Journal for High School Science Educators Published by The National Science Teachers Association the Science Teacher. 70(6): 56.

Handriani, S. H., harjono, A., doyan, A. 2015. Model pembelajaran inkuiri terstruktur dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT). 3(1): 213.

Imaniyah, I., Siswoyob, Bakric, F. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika. 1(1). 18.

Jiniarti, B.E., Sahidu. C., Verawati. S.P. 2015. Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Untuk Meninhkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT). 3(1): 188.

Laelasari, Toto, S., dan Nurul, I.K. 2015. Penerapan model pembelajaran learning cycle 7e dalam kemampuan representasi matematis siswa. Jurnal Euclid. 1(2):82-92.

Muammar, H., Hardjono, A., Gunawan. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Assure Dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Ipa-Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT). 3(1): 167.

Sahidu, C. 2013. Penilaian Hasil Belajar. Mataram: Arga Puji Press.

Simatupang, D. 2008. Pembelajaran Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Jurnal Kewarganegaraan. 10 (1): 62ââ¬â70.

Siribunnam, & Tayraukham. 2009. Effect of 7-E, KWL, and Conventional Instruction on Analytical Thingking, Learning Achievement and attitudes toward Chemistry Learning. Journal of Social Science. 5 (4): 279-282.

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Biografi Penulis

Eti Sulastri, Universitas Mataram

Hikmawati Hikmawati, Universitas Mataram

I Wayan Gunada, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.