Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Tahun Pelajaran 2015/2016

Penulis

Tantawi Jauhari , Hikmawati Hikmawati , Wahyudi Wahyudi

DOI:

10.29303/jpft.v2i1.282

Diterbitkan:

2017-04-22

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2016): Januari

Kata Kunci:

problem based learning, PhET media, results of physics learning

Articles

Cara Mengutip

Jauhari, T., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 2(1), 7–12. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.282

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research aims to find out the effect of problem based learning model with PhET media on the studentââ¬â¢s results of physics learning of Xthgrade SMAN 1 Gunungsari in academic year 2015/2016. This research is a quasi experiment with nonequivalent control group design. The population of this research is all of Xthgrade student which amounted to 333 students, and the sample is the student at X.6 which amounted to 34 student as experiment class and student at X.7 which amounted to 35 student as control class. The sample was got by using the cluster purposive sample. The result of pre-test showed that the average value of experiment class is 34,35, while the control class around 43,66. The result of post-test showed that the average value of experiment class is 70,24, while the control class around 57,60. The study tested the hypothesis with t-test polled varians. Based on the result of hypothesis testing, tcount = 4,93 and ttable = 1,99 with significance level of 5% and tcount>ttable, then Ho rejected and Ha accepted. So can be concluded that there is an effect of problem based learning model with PhET media on the studentââ¬â¢s results of physics learning of Xthgrade SMAN 1 Gunungsari in academic year 2015/2016.

Referensi

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Amir,Taufik. 2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Krisdiana, A., dan Supardi, I. 2015. Penerapan Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Fluida Dinamik dengan Media PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sooko.Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol 04 No 02, 133-140.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif:Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Finkelstein, Adams, Keller, Perkins, and Wieman. 2006. Hightech Tools For Teaching Physics: The Physics Education Technology Project. MerlotJurnal of Online Learning and Teaching. Vol. 2 (3): 110-121.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijono, A. 2013. Cooperatif Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Sugiyono.2014a. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.