Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Listrik Arus Searah di Masa PJJ

Penulis

Ken Ayu Citra , Nehru Nehru , Febri Berthalita Pujaningsih , Cicyn Riantoni

DOI:

10.29303/jpft.v7i2.2663

Diterbitkan:

2021-10-23

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2021): Juli-Desember

Kata Kunci:

problem solving skills, direct current electricity

Articles

Cara Mengutip

Citra, K. A., Nehru, N., Pujaningsih, F. B., & Riantoni, C. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Listrik Arus Searah di Masa PJJ. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 7(2), 75–79. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.2663

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to determine the description of students' problem solving skills in direct current electricity in physics subjects which are conducted through Distance Learning (PJJ). This type of research is quantitative research. The research subjects were 26 students of class XII MIPA 7 SMA Negeri 1 Kota Jambi. The data was collected using a direct current electrical problem solving skills test questions consisting of 6 essay questions. The data obtained were analyzed using descriptive statistics. From the results of data analysis, it is known that the lowest score is 14 and the highest score is 46, and the average result of the students' problem solving skills test is 37. Meanwhile, the percentage of each student's problem solving stage is classified as very bad. Thus, it was concluded that the problem solving skills of class XII MIPA 7 students on direct current electricity through PJJ were classified as very low criteria.

Referensi

Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Interactive Demonstration Siswa Kelas X SMA pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2 (2), 55-60, dari https://dx.doi.org/10.29303/jpft.v2i2.289.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemam-puan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Gene-rasi Unggul Menghadapi MEA. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika X, Universitas Negeri Semarang, Semarang. Diperoleh dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21635.

Darsono, H., Fitri, a. N., Rahardjo, B., Imanuela, M. Z., & Lasambouw C. M. (2020). Efektifitas Pembe-lajaran Jarah Jauh Saat Pendemi Covid-19 (Kajian di Politeknik Bandung. Makalah disajikan dalam The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar, Bandung. Diperoleh dari https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2190.

Dewati, M., Suparmi, A., Sunarsono, W., Sukarmin, & Cari, C. (2019). Implementasi Multiple Representation Pada Rangkaian Listrik DC Sebagai Upaya Meningkatkan Problem Solving Skills. Makalah disajikan dalam Seminar Fisika Nasional dan Aplikasinya, Universitas Sebelas Maret, Solo. Diperoleh dari https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v4i0.35927.

Docktor, J. L., Domfeld, J., Frodermann, E., Heller, K.., Hsu, L., Jackson, K. A., ... Yang, J. (2016). Assessing Student Written Problem Solution: A Problem-Solving Rubric with Application to Introductory Physics. American Physical Society, 12 (1), 1-18, from http://dx.doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.12.010130.

Faisal, Rokhmat, J., & Ardhuha, J. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kreativitas Peserta Didik Dengan Pendekaran Kausalistik Scaffolding. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 107-113, dari https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/1771.

Jayadiningrat, M. G. , & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2 (1), 1-10, dari http://dx.doi.org/10.23887/jpk.v2i1.14133.

Magdalena, I., Erdian, A. E., & Marcelino, R. (2020). Analisis Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pendemi Covid 19 Di SD Negeri Poris Pelawad 03 Kota Tanggerang. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2 (2), 300-313, dari https://doi.org/10.36088/bintang.v2i2.1054.

Mahardini, M. M. A. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 215-224, dari https://www.ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/viewFile/3102/1443.

Mustofa, M. H., & Rusdiana, D. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Gerak Lurus. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Pengembangan Fisika, 2 (2), 15-22, dari https://doi.org/10.21009/1.02203.

Nurwahyuningsih, Harjono, A., & Rahayu, S. (2019). Pemecahan Masalah Usaha dan Energi dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 253-261, dari https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/1325/pdf.

Prawiyogi, A. G. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 94-101, dari https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081.

Quyumi, E. R, & Alimansur, M. (2020). Upaya Pencegahan dengan Kepatuhan Dalam Pencegahan Penularan COVID-19 Pada Relawan COVID. JPH, 4 (1), 81-87, dari https://e-journal.unair.ac.id/JPHRECODE/article/download/21792/pdf.

Rahmawati, A. S., & Ika, Y. E. (2020). Perbedaan Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Acievement Division) dan Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 162-168, dari https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/1661/pdf.

Riantoni, C. (2017). Pemecahan Masalah Materi Listrik Dinamis Mahasiswa S1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Jambi Pada Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan PhET Interactive Simulation. Tesis. Malang: Universtas Negeri Malang.

Biografi Penulis

Ken Ayu Citra, Universitas Jambi

Mahasiswa Universitas Jambi

Nehru Nehru, Universitas Jambi

Febri Berthalita Pujaningsih, Universitas Jambi

Cicyn Riantoni, Universitas Jambi

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.