Pembelajaran Mendesain Rumah Menggunakan Media Audio Visual Dengan Memanfaatkan Bandicam

Penulis

Lovy Herayanti , Baiq Rina Amalia Safitri

DOI:

10.29303/jpft.v5i2.1429

Diterbitkan:

2019-12-05

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2019): Juli-Desember

Kata Kunci:

media audio visual, bandicam, home design

Articles

Cara Mengutip

Herayanti, L., & Safitri, B. R. A. (2019). Pembelajaran Mendesain Rumah Menggunakan Media Audio Visual Dengan Memanfaatkan Bandicam. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 5(2), 305–309. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1429

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research is motivated by the fact that teachers in learning have never used instructional media in the form of audio-visual or video in explaining learning materials for home design. This research is a development research (development research) with 4D design (define, design, developed, desimination). The study was conducted in the department of building engineering at SMKN 2 Kuripan especially on home design subjects. Retrieval of research data using project-based classical completeness tests. The results of the study, as many as 82.61% or 19 students thoroughly designed the house without having to do remidial, while the remaining 17.39% or 4 new people declared complete after remidial. In the second stage, students are assigned to practice the material by designing house plans. 100% complete results. Based on classical completeness data, bandicam-based audio visual media is proven to be able to provide effective learning.

Referensi

Arsyad. 2011. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bandicam. 2019. Bandicam. Retrieved 3 1, 2019, from Bandicam: https://www.bandicam.com/id/

Calhoun, C. C., & Finch, A. V. 1982. Vocational Education: Concepts and Operation (2nd ed.). Belmont,California: Wadword Publishing Company.

Djamarah, S. B., & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Herayanti, L., & Habibi, H. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61-66.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.

Pengetahuan, S. (2015). 40 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap). Retrieved 3 1, 2019, from 40 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap): http://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/2015-pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli.html

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran . Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Rini, Y. S., & Tari, J. P. S. (2013). Pendidikan: Hakekat, Tujuan, dan Proses.UNY Press: Yogyakarta.

Termasmedia.com. 2019. Bandicam. Retrieved 3 1, 2019, from Bandicam: https://www.termasmedia.com/lainnya/sofware/689-bandicam-ofware-terbaik-untuk-hasil-rekan-layar-berkualitas.htmlBandicam,Sofware Terbaik Untuk Hasil Rekam layar Berkualitas

Widomoko. 2005. Kontruksi Bangunan Gedung Satu Lantai. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wikipedia. 2013. Pembelajaran. Retrieved 12 12, 2013, from Pembelajaran: http://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran,html.

Biografi Penulis

Lovy Herayanti, (SCOPUS ID: 57196098000) Pendidikan Fisika, Unversitas Pendidikan Mandalika

Baiq Rina Amalia Safitri, Pendidikan Fisika, Unversitas Pendidikan Mandalika

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.