Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017

Penulis

Haris Munandar , Sutrio Sutrio , Muhammad Taufik

DOI:

10.29303/jpft.v4i1.526

Diterbitkan:

2018-05-28

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2018): Januari - Juni 2018

Kata Kunci:

Problem-Based Learning, Animation, Critical Thinking Skill, Learning Outcome

Articles

Cara Mengutip

Munandar, H., Sutrio, S., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 4(1), 111–120. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.526

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstract ââ¬â The aim of this research is to know the impact of the applying of problem-based learning with animation toward the critical thinking skill and result of learning physics of student of SMAN 5 Mataram academic year 2016/2017. This research is belong to quasi experiment with pretest-postest control group design. The population is all student of XI MIPA at SMAN 5 Mataram, while the sample are class XI MIPA 4 as the experimental class, and the XI MIPA 6 as control class. The sample taken by the random sampling. The collect of data is done by give the test, 20 multiple choice to knowing the result of learning phyisics and 5 essay for knowing the studentââ¬â¢s critical thinking skill. The collected data has been analyzed by using the -test. The result of this research shows that (1) there is an impact of the applying of problem-based learning with animation toward the studentââ¬â¢s critical thinking skill that includes the ability in: (a) focusing the question, (b) analyzing the argument/identificating the reason, (c) inducing and considering the result of induction, (d) evaluating the result of consideration, (e) giving the reason; (2) there is an impact of the applying of problem-based learning with animation toward the studentââ¬â¢s result of learning physics that includes the result of learning in the cognitif area that follow the Bloomââ¬â¢s taxonomy, that is C1 till C6 (remembering, knowing, applying, analyzing, evaluating, and creating).

Referensi

Ahmad F., Sukarmin, dan Aminah, N. S. 2015. Pengaruh Pembelajaran Fisika pada Materi Fluida Dinamik Menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Sikap Ilmiah terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas. Jurnal Inkuiri. 4 (2): 76-86.

Finkelstein, N. 2006. High-Tech Tools for Teaching Physics: the Physics education Technology Project. Merlot Journal of Online Learning and Teaching. 2 (3): 110-120.

Gokhale, A. A. 1995. Collaborative Learning Enhances Critical Thinking. Journal of Technology Education. 7 (1): 22-30.

Gunada, I. W., Sahidu, H., dan Sutrio. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1 (1): 38-46.

Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP PRESS Universitas Mataram.

Herayanti, L., dan Habibi. 2015. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1 (1): 61-66.

Hikmawati. 2015. Pembelajaran Fisika dengan Model Siklus Belajar 5 ââ¬âE (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) Sebagai Upaya Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1 (1): 27.

Judge, B., Jones, P., and McCreery, E. 2009. Critical Thinking Skills for Educational Students. United Kingdom: Learning Matters Ltd.

Listiawati, W., Gunawan, dan Sutrio. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Interaktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1 (1): 83.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Mutmainnah, Rokhmat, J., dan ââ¬ËArdhuha, J. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Fisika Berbasis Eksperimen Virtual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1 (3): 41-47.

Prastiwi, I., Soedjoko, E., dan Mulyono. 2014. Efektivitas Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Aspek Koneksi Matematika. Jurnal Krean. 5 (1): 42.

Rahmatullah, Sahidu, H., dan Ayub, S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Teknik Open-Ended Problem terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 3 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3 (2): 109-118.

Retna, W. 2014. Penerapan Pembelajaran Fisika dengan Media Simulasi PhET pada Pokok Bahasan Gaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA SMPN 6 Yogyakarta. Jurnal Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY: 400-402.

Santoso, R., Darmadi I. W., dan Darsikin. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Komputer terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. 4 (1): 39-40.

Setyosari, P. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudria, I. B. N., Redhana, I. W., dan Samiasih L. 2011. Pengaruh Pembelajaran Interaktif Laju Reaksi Berbantuan Komputer terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 44 (1-3): 25-33.

Taufik, M. 2008. Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Compact Disc untuk Menampilkan Simulasi dan Virtual Labs Besaran-Besaran Fisika. Jurnal Pijar MIPA. 3 (1): 23.

Wulan, B. R. S., Effendi, D., dan Widayati, S. A. 2013. Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. l (1): 25-34.

Biografi Penulis

Haris Munandar, Universitas Mataram

Sutrio Sutrio, Universitas Mataram

Muhammad Taufik, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >> 

Artikel Serupa

<< < 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.