The Effect of Discovery Learning Model on Students' Science Literacy

Penulis

Agus Budi Darma Wijaya , Baiq Azmi Sukroyanti , Lovy Herayanti

DOI:

10.29303/jpft.v9i1.5061

Diterbitkan:

2023-06-29

Terbitan:

Vol 9 No 1 (2023): Januari - Juni

Kata Kunci:

Discovery Learning, Science Literacy

Articles

Cara Mengutip

Darma Wijaya, A. B., Sukroyanti, B. A., & Herayanti, L. . (2023). The Effect of Discovery Learning Model on Students’ Science Literacy. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 9(1), 171–176. https://doi.org/10.29303/jpft.v9i1.5061

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The purpose of this research is to determine the influence of the discovery learning model on students' science literacy. This study used a quasi-experimental research design. The population of this study consisted of all students in grade X IPA (Natural Sciences) at Senior High School 1 Sukamulia, which consisted of two classes. The sample for this study was the students of X IPA 1 as the experimental group and X IPA 2 as the control group. Based on the analysis of pretest data, the average score for the experimental group was 37.70 and the control group was 31.41. The results of the posttest showed that the average score for the experimental group was 81.90 and the control group was 76.19. The research results using the one-tailed critical t-test obtained a calculated t-value of 2.16 and a critical t-value of 1.67 at a significance level of 5%. Therefore, the alternative hypothesis (Ha) is accepted, and the null hypothesis (Ho) is rejected. It can be concluded that there is an influence of the Discovery Learning Model on students' science literacy.

Referensi

Ali, M., & Setiani, D. D. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Jamur. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2). https://doi.org/10.34289/277895

Aprilia, M., Lubis, P. H. M., & Lia, L. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA Berbantuan Software Tracker pada Materi GHS. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 320–326. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2286

Aulia, I. M., Hikmawati, & Susilawati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 8(SpecialIssue), 52–57. https://doi.org/10.29303/jpft.v8iSpecialIssue.3558

Fatihah, S. H., Mulyaningsih, N. N., & Astuti, I. A. D. (2020). Inovasi Bahan Ajar Dinamika Gerak dengan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 175–182. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2064

Ilahi, M. R. ., Bahtiar, B., & Zaini, M. (2022). The Development of Discovery Learning Based Student’ Worksheet on Topic Quantity, Measurements and Vectors. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 8(1), 107–115. https://doi.org/10.29303/jpft.v8i1.3635

Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 33–39. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.519

Mahmud, A. A. L., & Prasetyo, J.D. (2020, March). Penguatan Pendidikan Karekter Melalaui Literasi Sains Dalam Pemebelajaran IPA SD. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar ( Vol. 2).

Nur, A. R., Prayogi, S., Asy’ari, M., & Muhali, M. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Pbl Dengan Pendekatan Konflik Kognitif Untuk Membelajarkan Kemampuan Metakognisi. Empiricism Journal, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.36312/ej.v1i1.260

Nurhadi, & Alfitry, S. (2020). Pengaruh PenerapAn Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Pemberian Motivasi Oleh Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecematan Rumbai Pesisir. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 29–41.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Syukur, A., & Makleat, N. (2021). Model Pembelajaran Somatic - Auditory - Visualization - Intellectualy (Savi) Dengan Media Puzzle Di Paud Munatuan. Jurnal PG - PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Din, 8(1), 4 7-58.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora.

Yuliana, D., & Sisma, R. U. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Dan Intelektual) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 52-92. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.19

Yunus, I. A., Yunginger, R., Mursalin, M., Paramata, D. D., Setiawan, D. G. E., & Odja, A. H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Crosword Puzzle Dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gelombang Bunyi Di SMAN 1 Boliyohuto. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 210–217. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3263

Zulaiha, F., & Kusuma, D. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta didik SMP di Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 190–201. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3049

Biografi Penulis

Agus Budi Darma Wijaya, agusbudidarmawijaya

Baiq Azmi Sukroyanti, Universitas Pendidikan Mandalika

Lovy Herayanti, Universitas Pendidikan Mandalika

Lisensi

Hak Cipta (c) 2023 Agus Budi Darma Wijaya, Baiq Azmi Sukroyanti, Lovy Herayanti

Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.