Implementasi E-Modul Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Web

Penulis

  • Farida Fitriani Prodi Teknologi Pendidikan, FIP, IKIP Mataram, Mataram
  • Indriaturrahmi Indriaturrahmi Prodi Pendidikan Teknologi Informasi, FPMIPA, IKIP Mataram, Mataram

Kata Kunci:

E-Modul, Sumber Belajar, ADDIE

Abstrak

saat ini trand pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) semakin meningkat seiring dengan perkembangan TIK yang semakin pesat. Guru sebagai pioner utama dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa harus mampu berinovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu sumber belajar yang digunakan oleh guru adalah modul. Namun modul cetak yang biasa digunakan di sekolah kurang diminati oleh siswa, karena membutuhkan biaya untuk memperbanyak modul dan tampilan modul kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan e-modul mata pelajaran bahasa Indonesia berbasis web. Adapun hasil perhitungan kuesioner yang dilakukan pada ahli materi didapatkan presentasi sebesar 67,4 %, pada ahli media sebesar 77,3% dan uji coba kepada siswa sebesar 77,3% dari ke-3 (tiga) validasi tersebutà tergolong dalam kriteria layak.à Maka dengan begitu, e-modul Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mampu meningkatkan minat belajar siswa khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. E-modul diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan mampu meningkatkan minat belajar siswa khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia. Serta memberikan layanan pendidikan yang berbeda sesuai dengan tuntunan zaman.

Referensi

Depdiknas.2008. panduan pengembanganbahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah

Gagne, R. M., Wager, W.W., Golas, K. C. & Keller, J. M (2005). Principles of Instructional Design (5th edition). California: Wadsworth.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suarsana&Mahayukti. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan MasalahUntuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSA). Vol.2,No.2 Oktober 2013. ISSN: 2303-288X.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/2171/1887.

Nyoman&Jayanta.. 2017. Pengembangan E-Modul Mata

Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK). Vol. 14, No. 2 Juli 2017, P-ISSN : 0216-3241 ; E-ISSN : 2541-0652. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/11830

Ngusa, Baraka Manjale. 2014. Application of ADDIE Model of Instruction in Teaching-Learning Transaction among Teachers of Mara Conference Adventist Secondary Schools, Tanzania. Journal of Education and Practice. Vol.5,No.25.2014. ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online). https://www.researchgate.net/publication/265211638

Norhashim, Mazenah & Alinda Rose.(1996). pengajaran bantuan komputer. Kuala Lumpur, Dewan Bahasa dan Pustaka & Universiti Teknologi Malaysia.

Rahmawati, Yulia. 2012. Pengembangan Modul Multimedia Berbasis Web Materi Sistem Reproduksi Manusia Sebagai Media Pembelajaran mandiri Siswa SMA/MA Kelas XI. Skripsi Program studi Pendidikan Biologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.digilib.uin-suka.ac.id/9834/1/BAB%20I,%20BAB%20V,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Rendra,dkk. 2018. Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Menggunakan Schoology. KARMAPATI. Volume 7 No 2 Tahun 2018. ISSN 2259-9063.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/download/15269/9316

Solihin JH Taufik. Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis SMA. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika (2018) Vol.3 No.2 :51-56, ISSN: 2338-1027 September 2018. http://ejournal.upi.edu/index.php/WapFi/article/download/13731/7972

Solikin, Imam. 2018. Implementasi E-Modul pada Program Studi Manajemen Informatika Universitas Bina Darma Berbasis Web Mobile. Jurnal Resti ISSN 2580-0760Vol 2 No. 2 (2018) hlm. 492-497. http://jurnal.iaii.or.id

Sugihartini, Nyoman & Nyoman Laba Jayanta. Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan P-ISSN : 0216-3241 ; E-ISSN : 2541-0652 Vol. 14, No. 2, Juli 2017, Hal : 221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/716

Diterbitkan

2020-06-17