Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Matematika Awal Anak Usia Dini

Penulis

  • Dwi Istati Rahayu Universitas Mataram
  • Nurhasanah Nurhasanah Universitas Mataram
  • M. A Muazar Habibi Universitas Mataram
  • Aulia Dwi Amalina Wahab Universitas Mataram

Kata Kunci:

Kemampuan matematika awal, permainan congklak

Abstrak

Kemampuan matematika permulaan anak usia dini akan sangat berguna bagi kehidupannya kelak. Permainan congklak merupakan warisan yang hidup di masayarakat, yang dapat digunakan untuk menstimulasi perkembangan anak, termasuk kemampuan matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa jauh permainan congklak berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan matematika anak usia dini. Penelitian eksperimen ini dilakukan di TK Mutiara Hati Mataram kelompok B1 dengan jumlah subjek 16 anak. Eksperimen dilakukan melalui 8 kali pertemuan. Perlakuan pertama merupakan data pretes, sedangkan postes menggunakan kemampuan anak pada pertemuan ke delapan. Teknik pengumpulan data melalui treatmen, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui uji beda. Analisis dataà menghasilkan t (db 30) 2,587. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada taraf 2% antara kemampuan matematika awal anak sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan bermain congklak. Ada pengaruh yang signifikatdari permainan coklak terhadap kemampuan matematika awal anak usia dini.à artinya adaà Indikator dengan capaian terendah adalah membuat keputusan untuk memulai permainan atau mengatur strategi bermain.

Referensi

Beaty, J. Janice, Observing Development of The Young Child (terjemahan Observasi Perkembangan Anak Usia Dini oleh Arif Rakhman ) Jakarta, Prenadamedia, 2013

Dodge, T. Diane; Colker, J. Laura, The Creative Curriculum for Early Childhood, Washington DC, Teaching Strategic Inc, 1999,

Hughes, F. Fergus, Children, Play, and Development, 4nd ed., Sage Publications Inc, USA, 2010

Mutiah, Diana, Psikologi BermainAnak Usia Dini, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta, 2010

Seefeldt, Carol; Barbour, Nita, Early Childhood Education: an introduction, 3rd ed. Ontario, Maxwell Macmillan Canada Inc, 1993

Martiana Musdalifah , Putu Aditya Antara , Mutiara Magta, 2016, Pengaruh Permainan Congklak Bali Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Kelompok B Ra Baitul Mutaallim, e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 4. No. 2 - Tahun 2016)

Diterbitkan

2020-06-17