Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Perubahan Konseptual Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa

Penulis

Dedi Riyan Rizaldi , Muh. Makhrus , Aris Doyan

DOI:

10.29303/jpft.v5i1.794

Diterbitkan:

2019-05-13

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2019): Januari - Juni

Kata Kunci:

Conceptual Change Model, level of critical thinking, Learning Styles

Articles

Cara Mengutip

Rizaldi, D. R., Makhrus, M., & Doyan, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Perubahan Konseptual Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 5(1), 74–81. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.794

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to determine level of critical thinking ability when learning process kinetic theory of gas with conceptual change model outcome review from high school student learning style. This type of research is pre experiment with factorial design à(level 3). The research population is all grade XI IPA in SMA Negeri 7 Mataram with sampling technique using purposive sampling. Three samples were taken as experimental class which is class XI MIPA 1 taught with CCM visual style, XI IPA 2 taught by CCM auditory style, and XI IPA 3 taught with CCM kinesthetic style. The student learning style data on was taken using by questionnaire with 4 alternative options. The critical thinking abilityââ¬â¢s data collected by using sheets of critical thinking skill based on student's answer to LKS. The result data was analyzed with descriptive statistical test and classified based on categorization level of critical thinking ability. Based on the analysis result, it can be concluded level of critical thinking ability when learning process kinetic theory of gas with conceptual change model outcome review from high school student learning style including into medium category with value of 70,87.

Referensi

Aji, C. dan Dasari, D. 2009. Desain Faktorial Fraksional 2^(k-p) serta Analisisnya Berbasis Web. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika FPMIPA UPI, Bandung.

Aminullah. 2017. Hubungan antara Keterlaksanaan Praktikum IPA dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Enrekang. Program PascaSarjana. Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Facione, P. A. 2011. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Milbrae: California Academic Press (pp 1-27).

Fitriyani. 2017. Gaya Belajar Siswa yang Memiliki Nilai Akademik Tinggi dan Rendah Kelas VII SMPN 1 Colomadu Tahun Ajaran 2016/2017. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Gredler, M. E. 2011. Learning and Instruction Ed.6. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Karim, N. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92-104.

Latifa, R. A. L., Verawati, N. N. S., dan Harjono, A. 2017. Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 61-67.

Makhrus, M. 2018. Validitas Model Pembelajaran Conceptual Change Model With Cognitive Conflict Approach. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 3(1), 62-66.

Munandar, H., Sutrio, dan Taufik, M. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 111-120.

Pebriyanti, D., Sahidu, H., dan Sutrio. 2015. Efektifitas Model Pembelajaran Perubahan Konseptual untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika pada Siswa Kelas X SMAN 1 Praya Barat Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 92-96.

Posner, G. J., Strike, K. A., Hewson, P. W., dan Gertzog, W. A. 1982. Accommodation of a Scientific Conception: Toward a Theory of Conceptual Change. Science Education Vol. 66 (2), 211-227.

Purwanto, M. N. 1992. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rohman, M. dan Amri, S. 2012. Manajemen Pendidikan: Analisis dan Solusi terhadap Kinerja Manajemen Kelas dan Strategi Pengajaran yang Efektif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Snyder, L. G. & Snyder, M. J. 2008. Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal. Vol.L, No. 2, Spring/Summer, 2008 (pp 90-99).

Vegisari. 2015. Pengaruh Remidiasi Berbentuk Peningkatan Kemampuan Verbal terhadap Penurunan Miskonsepsi Teori Kinetik Gas di SMA. Program Sarjana. Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Biografi Penulis

Dedi Riyan Rizaldi, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Alumni Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Mataram

Muh. Makhrus, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Aris Doyan, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.