Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Terapan Siswa Kelas X SMKN 4 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016

Penulis

Puryadi Puryadi , Satutik Rahayu , Sutrio Sutrio

DOI:

10.29303/jpft.v4i1.329

Diterbitkan:

2018-05-28

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2018): Januari - Juni 2018

Kata Kunci:

direct instruction, contextual based teaching materials, learning outcomes

Articles

Cara Mengutip

Puryadi, P., Rahayu, S., & Sutrio, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Terapan Siswa Kelas X SMKN 4 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 4(1), 23–32. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.329

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to determine the effect learning model of direct instruction assisted contextual based teaching materials to the students learning outcomes of applied science SMKN 4 Mataram of academic years 2015/2016 on temperature and heat matter. This type of research is an experimental study with post test design control group design. The population in this study were all students of class X SMKN 4 Mataram of academic years 2015/2016. Sampling is done by purposive sampling technique, selected of X2 culinary class as experiment class and student of class X3 culinary as control class. The teaching materials used are context based physics teaching materials to culinary students. Instruments used in the form of multiple-choice test questions that refer to students' cognitive abilities include C1 to C6 categories. The results showed that the mean values of the students' learning outcomes of the experimental class and control classes were 61.38 and 49.07, respectively, both classes were normal and homogeneously distributed. The results data were analyzed by two-party test with a significance level of 5% obtained trsesult 2.89 and ttable 2.00. If tresult > ttable. So Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is the influence learning model of direct instruction that is assisted by contextual based teaching materials on the learning outcomes of students of class X SMKN 4 Mataram of academic years 2015/2016.

Referensi

Ahmad, F. & Radiyono, F. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dasar I Berbasis Spreadsheet dengan Pendekatan Analitik dan Numerik . Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 15-17.

Arends, R.,I., Kilcher, A. 2001. Teaching for student learning. New York: Routledge.

Gunada, I., W., Sahidu, H., Sutrio. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 38-46.

Gunawan, Harjono, A., Sutrio. 2015. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 9-14.

Mahedy, N., S. 2010. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar IPA Mahasiswa. Seminar International APTEKINDO, 335-344.

Murniati, N., A. N. & Mustika, I. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Melalui Pembelajaran Praktikum dengan Memanfaatkan Alat dan Bahan di Lingkungan Sekitar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kragan Rembang Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2(1), 89-99.

Nasution, M.A., Silaban, R., & Muchtar, Z. 2013. Penerapan Model Pembelajaran yang Mampu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia dan Karakter Komunikatif serta Percaya Diri. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(3), 29-38.

Nisrina, N., Gunawan, G., & Harjono, A. (2016). Pembelajaran Kooperatif dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 66-72.

Peso, M.K. & Sugiyono. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Langsung Dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Dalam IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran UNTAN, 2(9), 1-10.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi 3. Jakarta: Kencana Pramedia Group.

Sofan, A. & Ahmadi, L.K. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan

Inofatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Subarno. 2013. Penggunaan Direct Instruction Berbasis Lingkungan untuk Peningkatan Domain Afektif IPA Fisika Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 24-26.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.

Tihuluw, M., Y., Tulandi, D., Windia, I., W. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Berbantuan Media Presentasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa. JSME MIPA UNIMA. 2(8).

Wahyudi. A., & Nurhayati. 2002. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 15-19.

Zaini, Sutrio, & Gunawan. 2015. Pengaruh Pembelajaran Fisika Menggunakan Direct Instruction (DI) Melalui Pemodelan Korektif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Labuhan Haji Tahun Ajaran 2013-2014. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 136-139.

Biografi Penulis

Puryadi Puryadi, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >> 

Artikel Serupa

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.