Desain LKPD Fisika Terintegrasi HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Penulis

Asmia Fransiska , Erwin Prasetyo , Adi Jufriansah

DOI:

10.29303/jpft.v7i2.3098

Diterbitkan:

2021-12-19

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2021): Juli-Desember

Kata Kunci:

LKPD, Critical thinking, R&D, HOTS

Articles

Cara Mengutip

Fransiska, A., Prasetyo, E., & Jufriansah, A. (2021). Desain LKPD Fisika Terintegrasi HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 7(2), 153–158. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3098

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The 2013 curriculum is oriented to the development of the 21st century which is faced with various challenges in the world of education. Things that cause problems in implementing the 2013 curriculum are teacher competencies that are still lacking, online learning facilities are not evenly distributed, and the division of learning hours using a shift system causes the quality of students and education itself to be lacking. This study aims to provide solutions to problems faced in schools, namely by developing HOTS integrated worksheets to improve students' critical thinking skills. This type of research is development (R&D) which refers to the 4-D model, namely define, design, develop, disseminate. The feasibility of the HOTS integrated LKPD media was obtained from the results of expert validation, LKPD media trials in the form of practicality analysis and effectiveness analysis. The improvement of students' critical thinking skills is obtained from the standard value of the N-gain test of students' critical thinking abilities. The results of the study indicate that the HOTS integrated LKPD has been produced which is suitable to be used to improve students' critical thinking skills with a standard N-gain value of 0.71 in the high category.

à

Referensi

Ardi, A., Nyeneng, I. D. P., & Ertikanto, C. (2015). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok suhu dan kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3).

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018).Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER)

Daryanti, S., Sakti, I., & Hamdani, D. (2019). Pengaruh pembelajaran model problem solving berorientasi higher order thinking skills terhadap hasil belajar fisika dan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 65-72.

Dhema, M., & Jufriansah, A. (2021). Aktivitas dan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Di SMK. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 39-44.

Erfan, M., & Ratu, T. (2018).Pencapaian HOTS (Higher Order Thinking Skills) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Samawa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 208-212.

Elsa, P. W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantu Strategi Poe (Predict- Observe-Explain) Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X Pada Mata Pelajaran Fisika Di Smk Negeri 9 Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Faiza, A. S., & Susilowibowo, J. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis HOTS Administrasi Pajak Kelas XII Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 15-27.

Fannie, R. D., & Rohati, R. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi program linear kelas XII SMA. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221053.

Ichsan, I. Z., Iriani, E., & Hermawati, F. M. (2018).Peningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Video Berbasis Kasus Pencemaran Lingkungan. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 3(02), 12-18.

Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & Harmianto, S. (2020). Peningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Kokami Di Kelas Iv Sd Negeri 2 Dukuhwaluh. Attadib Journal of Elementary Education, 4(1), 23-35.

Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan media screencast-o-matic mata kuliah kalkulus 2 menggunakan model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan, 3(1).

Rusydi, A. I., Hikmawati, H., & Kosim, K. (2018).Pengaruh Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 124-131.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42.

Wahyuningsih, Jufriansah, A., Anomeisa, AB.,Rahmanisa, K. (2021). Strategy on TheEffectiveness of Learning Outcomes of Manufacturing Calculus Using Edlink in The Covid-19 Pandemic. Eduma : Mathematics Education Learning And Teaching, 10(1), 39 - 48.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016).Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global.In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).

Biografi Penulis

Asmia Fransiska, IKIP Muhammadiyah Maumere

Erwin Prasetyo, IKIP Muhammadiyah Maumere

Adi Jufriansah, IKIP Muhammadiyah Maumere

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.