The Effect of Discovery Learning Based on Blended Learning on Student Learning Outcomes at SMA Negeri 1 Boliyohuto

Penulis

Fatmawati Linggile , Supartin Supartin , Citron S. Payu

DOI:

10.29303/jpft.v8i2.4412

Diterbitkan:

2022-12-24

Terbitan:

Vol 8 No 2 (2022): July-December

Kata Kunci:

Discovery Learning, Blended Learning, Learning Outcomes

Articles

Cara Mengutip

Linggile, F., Supartin, S., & Payu, C. S. . (2022). The Effect of Discovery Learning Based on Blended Learning on Student Learning Outcomes at SMA Negeri 1 Boliyohuto. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 8(2), 293–298. https://doi.org/10.29303/jpft.v8i2.4412

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to determine the effect of the blended learning-based discovery learning model on student learning outcomes on sound waves. This research was conducted in the odd semester of the 2021/2022 academic year. The research method is an experiment using one experimental class and two replication classes. This research was carried out in SMA Negeri 1 Boliyohuto in class XI IPA 1 with a total of 25 students, class XI IPA 2 with a total of 26 students, and class XI IPA 4 with a total of 27 students. The data collection of learning outcomes is based on the test results. Research data analysis using normality test, hypothesis testing, and n-gain test. Based on hypothesis testing, the experimental class obtained tcount 5.97 and ttable 2.78, replication class 1 obtained tcount 7.76 and ttable 2.77, and replication class 2 obtained tcount 6.25 and ttable 2.77. The hypothesis from the three classes H0 received because tcount>ttable. It influences the blended learning-based discovery learning model on student learning outcomes on sound wave material with high n-gain.

Referensi

Aeni, Nur, Titi Prihatin, dan Yuli Utanto. (2017). “Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Sistem Komputer.” Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 6(2): 27–38.

Cahyo, A. (2013). Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar Teraktual dan terpopuler. Diva Prees

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan model penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal penelitian pendidikan, 13 (2).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitri, R. A. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik Kelas X MIPA SMA. Jurnal pendidikan, 15 (4)

Imam, H., Hikmawati, Kosim, & Taufik, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Sanggar Tahun Pelajaran 2021/2022 . Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 8(Special Issue), 58–66. https://doi.org/10.29303/jpft.v8iSpecialIssue.3715 DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v8iSpecialIssue.3715

Maulana, R., Daiyul, M., & Tarmizi. (2020). “Model Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Blanded Learning Berbasis Mobile.” Journal Informatic, Education and Management 2(2): 54–61.

Nabila, Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery learning dalam peningkatan hasil belajar siswa disekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, JIPP, 2(1). h. 22. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851

Ramadhani, S. P. (2020). “Pengaruh Blanded Learning terhadap Hasil Belajar Matakuliah Bimbingan Konseling Mahasiswa PGSD.” Jurnal Basicedu 4(2): 327–36 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.350

Rambega, U. L. (2017). Hubungan Antara Kemampuan Penalaran Formal dan Motivasi Belajar Fisika terhadap hasil belajar fisik aSiswa SMPN 19 Bulukumba kabupaten bulukumba. Jurnal pendidikan Fisika. 6(2).

Siregar, Eveline & Hartini, N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Subagiyo, S. (2019). Penerapan Model Blended Learning untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Termokimia Siswa. Journal of Educational Chemistry (JEC) 1(1): 1. DOI: https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.1.3830

Biografi Penulis

Fatmawati Linggile, Universitas Negeri Gorontalo

Supartin Supartin, Gorontalo State University

Physics Education Study Program

Citron S. Payu, Gorontalo State University

Physics Education Study Program

Lisensi

Hak Cipta (c) 2022 Fatmawati Linggile, Supartin Supartin, Citron S. Payu

Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.