Pengaruh Model Pembelajaran Assure dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas Viii SMPN 22 Mataram

Penulis

Haerul Muammar , Ahmad Harjono , Gunawan Gunawan

DOI:

10.29303/jpft.v1i3.254

Diterbitkan:

2017-03-14

Terbitan:

Vol 1 No 3 (2015): Juli

Kata Kunci:

learning model, ASSURE, prior knowledge, learning outcome

Articles

Cara Mengutip

Muammar, H., Harjono, A., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Assure dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas Viii SMPN 22 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 1(3), 166–172. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.254

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This is an experimental research. This research aim to examine the effect of ASSURE learning model and prior knowledge on science learning outcome in class VIII of SMPN 22 Mataram. The population is entire students in class VIII SMPN 22 Mataram with VIIIB as experiment class and VIIIC as control class. Both divided into high and low prior knowldege group. This research use factorial design 2x2. Hypothesis test use two ways anava. We got that (1) learning model take significant effect on learning outcome that ASSURE model get higher score than konventional model, (2) prior knowledge take significant effect on learning out come that higher prior knowledge get higher score than the low one, and (3) there is no interaction between learning model and prior knowledge on learning outcome. N-Gain test shown that high prior knowledge of ASSURE class get most improvement result and low pior knowledge of conventional class get worst. It is better to continue this ASSURE learning model in research using another student characterictic analyze. High prior knowledge experiment class get improvement result in all sub-chapter. Low prior knowledge experiment class and high prior knowledge control class get most improvement in wave characteristic. Low prior knowledge control class get most improvement in vibration characteristic.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Artikel Serupa

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.