Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA

Penulis

Endang Susilawati , Agustinasari Agustinasari , Achmad Samsudin , Parsaoran Siahaan

DOI:

10.29303/jpft.v6i1.1453

Diterbitkan:

2020-02-12

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2020): Januari-Juni

Kata Kunci:

Critical Thinking Skills, Students

Articles

Cara Mengutip

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(1), 11–16. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This aim of this research was to analyze studentsââ¬â¢critical thinking skills. The research was a quantitative descriptive research. The research of critical thinking skills was tested using essay questions. The instrument of critical thinking skills was developed based on Ennisââ¬â¢ critical thinking skill indicators, namely: identifying questions, proposing hypotheses, determining an action, considering the use of appropriate procedures, recording observation results, interpreting questions, identifying and dealing with irrelevance, and giving definitions. Based on the research result, 21% of students had medium critical thinking skills, 64% of students had low critical thinking skills, and 15% of students had very low critical thinking skills.

Referensi

Agustinasari & Susilawati, E. (2018). Inkuiri Berbasis Potensi Lokal dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Kajian Pendidikan Sains (SPEKTRA), 4 (2),40-46

Azwar, S. (2013). Tes Prestasi Fungsi Pengembangan dan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities. University of Illinois. on line at http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/thenatureofcritical thinking_51711_000.pdf

Ennis, R.H. (2013). The Nature of Critical Thinking: Outlines of General Critical Thinking Dispositions and Abilities (Online). Diakses dari http://www.criticalthinking.net/longdefinition.html pada 22 Agustus 2018 21.15 Wita

Gunawan, G., Harjono, A., Hermansyah, H., Heryati, L. (2019). Guided Inquiry Model Through virtual Laboratory to Enhance Studentsââ¬â¢ Science Process Skills on Heat Concept. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 259-268.

Ibrahim, I., Kosim, K., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 14-23.

Kartimi & Liliasari. (2012). Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis pada Konsep Termokimia untuk Siswa SMA Peringkat Atas dan Menengah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 21-26.

Kemdikbud. (2013). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas(SMA)/ Madrasah Aliyah (MA). Jakarta: Kemdikbud.

Lambertus. (2009). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritisdalampembelajaranmatematika di sd. Artikel Jurnal Forum Kependidikan, 8(2),

Lestari, D., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi LKS Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 202-207.

Maryati, M., Prasetyo, Z. K., Wilujeng, I., & Sumintono, B. (2019). Measuring Teachersââ¬â¢ pedagogical Content Knowledge Using Many-Facet Rasch Model. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(3), 452-464.

Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N, N, S, P., (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisikadan Teknologi, 4(1), 23-28.

Rokhmat, J. (2015). Penerapan Pendekatan Berpikir Kausalistik Ber-scaffolding dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalaha Hukum Newton Tentang Gerak. Prosiding Seminar Nasional Fisika.

Tamami, F., Rokhmat, J., Gunadi, I, W., . (2017). Pengaruh pendekatan Berpikir Kausalitistik Scaffolding Tipe 2A Modifikasi Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Optik Geometri dan Kreativitas Siswa Kelas XI SMAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 76-83.

Wingert, J.R., Wasileski, S.A., Peterson, K., Mathews, L. G., Lanou, A.J., & Clarke, D. (2011). Enhaching Integrative Experinces: Evidence of Student Perceptions of Learning Gains from Cross-Course Interactions. Journal of The Scholarship of Teaching and Learning, 11(3): 34ââ¬â57.

Biografi Penulis

Endang Susilawati, STKIP Taman Siswa Bima

Agustinasari Agustinasari, STKIP Taman Siswa Bima

Achmad Samsudin, Universitas Pendidikan Indonesia

Parsaoran Siahaan, Universitas Pendidikan Indonesia

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.